Sejarah Kopi Joss Khas Yogyakarta


SEJARAH KOPI JOSS KHAS YOGYAKARTA
Hasil gambar untuk kopi joss
Kopi Joss Yogyakarta

  Kopi joss adalah minuman kopi khas Yogykarta yang berbeda dengan kopi di daerah lain, yang membedakan adalah cara peracikanya dengan memasukan arang yang masih membara kedalam gelas kopi yang disajikan.

  Salah satu penjual legendaris kopi joss di kawasan Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta, adalah Angkringan Lek Man . Lek Man merupakan orang pertama yang meracik kopi joss. Awalnya Lek Man hanya penjual angkringan biasa. karena dekat dengan stasiun rata-rata pelanggan kopi Lek Man adalah petugas-petugas perkeretaapian, dan kebanyakan dari mereka berasal dari Jawa Timur.

Baca Juga Sejarah Kopi Dan Santri

  Banyak di antara pelanggan kopi Lek Man yang meminta dibuatkan kopi kothok, kopi kothok merupakan kopi khas Jawa Timur. Penyajian kopi kothok sangat unik, yaitu dengan merebus langsung biji kopi bersama gula, tidak diseduh air panas seperti biasanya orang membuat kopi.

  "Waktu itu, tahun 1980-an, pelanggannya minta kopi kothok-kopi kothok. Karena Lek Man tidak bisa membuat kopi kothok, terus ya dibuat itu kopi campuran arang menyala," kata Pak Alexs, adik Lek Man.

Baca Juga Masukkan 5 Bahan ini Dijamin Kopimu ....

  Sejak saat itu , satu dua pelanggan sering meminta kopi arang menyala buatan Lek Man. "Lama kelamaan , banyal yang bilang kopinya ngejoss Lek Man enak. Lama-lama kopinya dibilang kopi joss. dan sampai sekarang namanya jadi kopi joss," kata Lek Man, sembari meracik kopi joss pesanan pelanggan.

Hasil gambar untuk kopi joss lik man
Angkringan Kopi Joss Lek Man

  Lek Man merupakan anak pedagang angkringan. Ayahnya sudah berdagang angkringan sejak tahun 1950. Pria bernama lengkap Siswo Raharjo itu lantas mewarisi dagangan ayahnya pada 1969."Kakak saya jualan di sini 40 tahunan,"kata Pak Alexs.

Baca Juga Softwarekost.com (AMSOL SIKOS) Mempermudah ....

  Sekarang ini resep kopi joss Lek Man telah menyebar luas. Di sekitaran kawasan stasiun Tugu, angkringan kopi joss sudah tidak dapat dihitung. Dan sekarang Lek Man mewariskan dagangannya ke adiknya, Pak Alexs. "Kakak saya sekarang di rumah aja. Ya sudah tua, jadi saya yang nerusin,"kata Pak Alexs.

Baca Juga softwareumroh.com (AMSOL SIM-UMROH) Mempermudah Memonitoring....

Label : Kopi joss, Yogyakarta, asli Yogyakarta, Khas Yogyakarta, Khas Jawa Timur, kopi unik, kopi arang, angkringan, Stasiun Tugu, Ngejoss, kopi kothok, biji kopi, langsung diseduh, Jawa Timur, arang membara

Komentar