Kopi Asli Indonesia Yang Sukses Mendunia


JENIS KOPI LOKAL ASLI
INDONESIA YANG SUKSES MENDUNIA
Hasil gambar untuk kopi indonesia yang mendunia
Kopi Asli Indonesia

  Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, dan juga salah satu yang terbaik di dunia. Produksi kopi tahunan di Indonesia mencapai 600 ribu ton, itu mampu untuk menyuplai 7% kebutuhan kopi kopi dunia. Indonesia merupakan penghasil kopi terbesar setelah Brazil dan Kolombia. Berikut ini adalah jenis kopi lokal asli Indonesia yang sukses mendunia.

1. Kopi Arabika Gayo, Sumatera
Hasil gambar untuk kopi arabika gayo
Kopi Arabika Gayo
  Kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari Aceh, kopi ini teksturnya lebih encer alias tak terlalu pekat dengan tingkat keasaman seimbang. Kopi ini cocok untuk anda yang bukan penyuka asam. Masyarakat Aceh punya cara penyajian tradisional yang sangat khas. Kopi ini tidak diseduh melainkan, kopi dan air direbus dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula.

Baca juga Makanan Untuk Teman Ngopi Yang Nikmat

2. Kopi Arabika Kintamani, Bali
Hasil gambar untuk kopi arabika kintamani bali
Kopi Arabika Kintamani
  Kopi kintaman khas Bali ini menjadi salah satu kopi yang laris di  Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Tujuan ekspor utama kopi kintamani memang tiga negara tersebut. Rasanya unik karena didominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga, dengan tngkat keasaman dan kekentalan sedang.

3. Kopi Arabika Toraja
Hasil gambar untuk kopi arabika toraja
Kopi Toraja
  Negara yang menjadi tujuan utama ekspor Kopi Toraja adalah Jepang dan Amerika, karena karakteristiknya unik, yaitu sesuai dengan kebiasaan minum kopi di negara tersebut. Kopi Toraja biasanya tidak minyisakan after taste pahit yang bagi sebagian orang terasa mengganggu.

  Sensasi pahit yang ditimbulkan biji kopinya hanya dapat dirasakan di awal dan hilang dalam sekali teguk. Kopi Toraja danmayoritas kopi lainnya yang tumbuh di sulawesi cenderung punya rasa earthy, seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan asam rendah.

Baca juga Sejarah Kopi Kapal Api

4. Kopi Arabika Java Ijen Raung
Hasil gambar untuk kopi arabika java ijen raung
Kopi Arabika Java Ijen Raung
  Kopi Arabika Java Ijen Raung adalah kopi khas dari daerah Bondowoso, kopi ini pertama kali diekspor pada tahun 2011, hingga popularitasnya sangat meningkat. Hingga tahun 2016, Indonesia mengekspor 43 kontainer atau setara dengan 858,91 ton kopi. Kopi Java Ijen Raung mempunyai ciri khas unik adalah rasa sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Tingkat keasamannya sedang, tetapi cenderung ke asam Jawa daripada citrus.

5. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau
Hasil gambar untuk kopi liberika rangsang meranti riau
Kopi Liberika Rangsang Meranti
  Kopi Liberika adalah kopi yang berasal dari Kepulauan Meranti, yang sudah mendapat sertifikasi Indikator Geografis (IG), dan telah dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Nasional RI. Kopi ini sangat populer di negara Malaysia dan Singapura sebagai dua negara tujuan ekspor terbesar.

Baca Juga Softwarekost.com (AMSOL SIKOS) Mempermudah ....

6. Kopi Arabika Flores Bajawa
Hasil gambar untuk kopi arabika flores bajawa
Kopi Arabika Flores Bajawa
  Kopi Arabika asal Flores ini memiliki kekentalan yang cukup pekat, tapi memiliki tingkat keasaman yang rendah. Berbeda dengan kebanyakan kopi di Indonesia kopi Arabika Flores Bajawa ini mempunyai rasa yang didominasi coklat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Amerika adalah negara tujuan sebagian besar ekspor komoditas kopi Flores Bajawa.

7. Kopi Robusta Temanggung
Hasil gambar untuk kopi robusta temanggung
Kopi Robusta Temanggung
  Kopi ini memiliki aroma tembakau yang sangat unik, dengan sedikit rasa pahit pekat dan mendominasi. Karena ciri khasnya itulah kopi ini sangat digemari. Bahkan pasar ekspornya sudah mencapai negara-negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

Baca Juga softwareumroh.com (AMSOL SIM-UMROH) Mempermudah Memonitoring....

Label : Kopi asli Indonesia, kopi mendunia, kopi lokal, kopi lokal mendunia, produk asli indonesia, ekspor luar negeri, kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, kopi toraja, kopi asli toraja, kopi gayo, kopi gayo sumatera, kopi kintamani, kopi kintamani khas bali, kopi java ijen.

Komentar